RSS

Contoh laporan training SMK Bali Dewata

LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
( TRAINING )
DI
HOTEL FOUR SEASON
AT JIMBARAN


Diajukan untuk memenuhi persyaratan kelulusan
Program Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata
(PPLP Dhyana Pura)




Menyetujui

Koodinator Training                                                                       Dosen Pembimbing




(..................................)                                                           (...............................................)



Mengetahui

       Executive Chef                                                                              Direktur I
Four Season at Jimbaran                                                               PPLP Dhyana Pura




(....................................)                                                     (...................................................)




Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Karena atas wara Nugraha –Nya, sehingga dapatlah penulis menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan ( Training ) di Bagian FB (Food and Bavarage ) sebagai syarat dan bukti penulis sudah menyelesaikan Training di Hotel Four Seoson at Jimbaran, Sebagai program pelatihan Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Bali dewata di Peguyangan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2011” Tepat pada waktunya.

Penulis menyadari bahwa penyelesaian tugas ini tidak lepas dari pihak lain berupa saran, pendapat dan pinjaman buku-buku sumber yang sangat berguna dalam penyusunan tulisan ini untuk itu pada kesempatan ini penulis sudah sewajarnya berterimakasih pada pihak terkait tersebut diantaranya:
1.      Ketua Yayasan
2.      Bapak kepala Sekolah
3.      Bapak Kordinator Training
4.      Bapak Pembimbing
5.       

Penulis Menyadari Bahwa karya Tulis ini belumlah sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan karya tulis ini sehingga bermanfaat bagi para pembaca dan pihak-pihak yang membutuhkan.
                                                                                                   Denpasar,…………………………..2011
                                                                                              Penulis


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.            Latar Belakang

Sistem pendidikan nasional yang diperlukan dalam abad mendatang adalah pendidikan yang bermutu, mutu merupkan suatu istilah yang dinamis dan terus bergerak.

BAB II
HASIL OBSERVASI KEADAAN HOTEL



2.1. Keadaan Fisik
Letak atau posisi Hotel  disini di tulis alamat Hotel, dan jarak tempuh dari lokasi bandara Internasional.

Sejarah Hotel .................................................................................. .............. ................................................................................................

Untuk lebih lengkapnya bangunan Fisik Hotel................ dapat dilihat pada site plan ( Terlampir)


2.2. Keadaan Lingkungan Hotel

Hotel........... terletak di tengah-tengah lingkungan...... perkotaan dengan batas-batas:

Utara   :....................
Timur  ;....................
Selatan:....................
Barat   :....................

Ceritakan tata letak Hotel yang mendukung untuk mendapat Tamu

2.3. Fasilitas Hotel

Adapun Fasilitas Hotel yang menunjang pelayanan Tamu menginap adalah
1.      Front Office
2.      Jumlah kamar
3.      Jumlah Rastaurant
4.      Jumlah Kitchen
5.      Ruang Kesehatan
6.      Ruang olah raga
7.      Swiming Pool
8.      SPA
9.      Transportasi
10.  Meeting Room
11.  Dll

2.4. Penggunaan Fasilitas Hotel

Disini ditulis jenis tamu yang diharapkan atau yang paling sering menginap ( dari Negara mana saja yang datang ) atau domestik




2.5. Jumlah Departement dan Staff Hotel
Ceritakan atau Tulis Departemen yang ada di hotel jelaskan tugas-tugasnya dan berapa jumlah staf yang ada di departemen tersebut.

2.6. Interaksi sosial

Disini ditulis Hubungan antara Departement satu dengan yang lainya dan hubungan antara staf Terjalin baik. Dan bagaimana mereka memperlakukan Training di Hotel tersebut.



BAB III
Hasil Praktek Kerja Lapangan
(Training)

3.1. Persiapan Training

Disini ditulis apa saja persipan yang kamu lakukan pada saat akan mulai training ( Ganti baju kerja, Absen, dll )

3.2. Kegiatan Training
Disini penulis membuat kegiatan yang sering dilakukan pada saat training

3.3. Faktor pendukung
Disini penulis atau membuat hal-hal apa saja yang mendukung selama melakukan kegiatan training seperti ( para staf yang ramah, selama training diberi uang transport, dapat makan, dll )

3.3. Faktor Penghambat Kegiatan Training
Disini penulis hal-hal yang sering menhambat kegiatan Traing seperti ( letak terlalu jauh, atau kebalikan yang diatas.

3.4. Cara mengatasi hambatan
Bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut misal lokasi Hotel terlalu jauh dari rumah penulis, dengan cara Indekos



BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Dari praktek kerja lapangan penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain:
1.      Apakah baik untuk tempat penulis belajar
2.      Apakah tercapai tujuan Training sebagai tempat untuk menambah wawasan
3.      Bagaimanan sikap dan prilaku anda setelah training
4.      Apakah semua berjalan sesuai dengan harapan anda?

4.2.  Saran

Apakah saran anda terhadap Hotel tersebut agar mendapatkan sesuatu yang lebih baik, dalam hal perolehan tamu, pelayanan tamu dll

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar