RSS

KIAT SUKSES MENYONTEK TANPA KETAHUAN

KIAT SUKSES MENYONTEK TANPA KETAHUAN

Biasanya sih yang paling ditakutin sama pelajar itu, kalo udah masuk minggu-minggu ujian. Entah itu ujian resmi yang sifatnya nasional, maupun ujian-ujian ringan macem ulangan harian yang diadain guru sekolah buat ngambil nilai and ngecek pemahaman murid-muridnya dalam menerima materi.

Kebanyakan pelajar itu sama, when it comes to studying, langsung pada sakit, mual-mual, diare, sampe muntaber. Ini kasus yang bahaya sih sebenernya. Logika pelajar juga kadang beda sama pakemnya. Kalo kita ngerasa takut sama sesuatu kan, harusnya cari cara buat menangkal biar yang ditakutin itu nggak sampe kejadian. Misalnya takut dapet nilai jelek, ya belajar biar jadinya bisa dapet nilai bagus. Tapi, kayaknya pelajar ini pada takutnya sama belajar, jadinya ya mereka berusaha menghindari belajar. Akhirnya, pas ulangan langsung pada kebingungan deh. Jadilah menyontek cara satu-satunya buat menghindarkan diri dari amukan orang tua. Sebenernya lebih takut belajarnya atau takut sama marahnya ortu sih? Menyontek itu kesannya simpel. Ah, ngintip satu dua jawaban doang mah nggak masalah lah. Namanya juga anak sekolahan, nyontek dikit wajar. Tapi, ketahuilah sobat, kalo yang namanya nyontek ngga bisa kita anggep sesepele itu.


Ada ungkapan kalo kita kesandung itu bukan karena batu yang ukurannya besar. Soalnya kalo batu besar, kita kan bisa liat jelas and menghindarinya sebelum menabrak. Tapi, keseringan batu kecil yang gak kita anggep keberadaannya malah bikin keserimpet sampe jatuh. Sama halnya dengan nyontek. Mungkin bagi kalian hal itu super duper sepele, tapi kalo udah kesandung gegara keasikan sama hal tersebut, akhirnya bisa jatuh. Apa aja kira-kira bahaya dari menyontek? Gue bahas satu-satu nih dengan santai.

  1. Bikin nggak kreatif. Kok bisa sih menyontek bikin kita jadi ngga kreatif? Yap, bayangin gini deh. Tiap ditanya sesuatu, sebelum ngejawab kalian selalu ngintip dulu contoh jawaban temen. Setelah liat baru deh ngerti gimana cara jawabnya. Kebiasaan seperti ini bakal menghilangkan kepercayaan diri, akhirnya mau melakukan apa juga harus selalu ada contohnya. Misalnya ya dengan cara ngintip cara yang dipake temen itu. Perilaku kayak gini namanya nggak kreatif.

  2. Bikin nggak produktif. Misalnya kalian lagi ulangan. Karena kalian nggak belajar, kalian ngga bisa jawab soal dan nunggu temen yang pinter jawab duluan. Kalo misal temen kalian jawab soal dalam lima menit, so, kalian udah kehilangan waktu lima menit cuma buat nungguin jawaban. Coba kalo ini dikaitkan ke dunia kerja. Kalian yang terbiasa bergerak setelah ada "pendorong" macam begini bakalan selalu ketinggalan. Kalo perusahaan rekrut kalian buat jadi karyawan, perusahaan itu bisa-bisa nggak maju-maju dan selalu ada di bawah pesaingnya. Dan kalo pesaingnya nggak bikin kemajuan apa pun, kalian juga nggak ngapain-ngapain. Bener-bener nggak produktif.

  3. Bikin nggak tenggang rasa. Biasanya tukang nyontek bakalan nyebut temennya yang gak mau ngasih contekan dengan sebutan, "Belagu lu, kagak pengertian sama gue yang ga ngerti!". Stop that! Justru yang gak pengertian itu si pecontek. Soalnya dia ngga menghargai jerih payah temennya yang udah belajar mati-matian buat ngadepin ulangan. So, kenapa mereka harus dituntut pengertian sama si tukang nyontek yang notabene nggak ada usahanya sama sekali biar bisa jawab soal?

  4. Bikin malu sendiri. Bayangin kalo kalian jadi seorang sarjana, master, dan atau apa pun deh gelar keren yang kalian punya, tapi semuanya hasil dari nyontek. Lulus UN nyontek, lulus sidang kuliah plagiasi skripsi atau nggak pake jasa beli skripsi, dan sebagainya. Gak ada ilmu yang bener-bener nempel di kepala kalian yang bisa kalian aplikasiin baik-baik di dunia nyata. Apa artinya sertifikat yang kalian bangga-banggain? Begitu ketahuan toh jadinya malu sendiri. Sekolah tinggi, sertifikat and ijazah bejibun, tapi otaknya nihil.

  5. Bikin nggak tenang. Gimana bisa tenang kalo setiap hari apa-apa yang didapetinnya itu bukan hasil dari usaha sendiri? Mungkin orang di sekitarnya yang nggak tau gimana cara si pecontek mendapatkan keberhasilannya bakalan mengelu-elukan dengan suka cita, dan si pecontek mungkin bisa aja menebarkan senyum-senyum palsunya. Padahal di dalam lubuk hatinya pasti ada rasa penyesalan udah ngelakuin hal yang salah. Penyesalan ini nggak bakalan bisa ilang, terus nempel di dalam diri dia sampe akhirnya bikin hidupnya nggak tenang. Cara satu-satunya biar bisa tenang adalah dengan mengakui kecurangannya, tapi apakah si pecontek sanggup melakukan itu?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ada gak caranya biar pinter :)

Posting Komentar