LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
( TRAINING )
DI
HOTEL FOUR SEASON
AT JIMBARAN
Diajukan untuk
memenuhi persyaratan kelulusan
Program Pendidikan
dan Pelatihan Pariwisata
(PPLP Dhyana
Pura)
Menyetujui
Koodinator Training
Dosen Pembimbing
(..................................)
(...............................................)
Mengetahui
Executive Chef
Direktur I
Four Season at Jimbaran
PPLP
Dhyana Pura
(....................................)
(...................................................)
Kata
Pengantar
Puji syukur kami panjatkan
kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Karena atas wara Nugraha –Nya, sehingga
dapatlah penulis menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan ( Training ) di Bagian FB
(Food and Bavarage ) sebagai syarat dan bukti penulis sudah menyelesaikan
Training di Hotel Four Seoson at Jimbaran, Sebagai program pelatihan Sekolah
Menengah Kejuruan Pariwisata Bali dewata di Peguyangan Denpasar Utara Tahun
Ajaran 2011” Tepat pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa
penyelesaian tugas ini tidak lepas dari pihak lain berupa saran, pendapat dan
pinjaman buku-buku sumber yang sangat berguna dalam penyusunan tulisan ini
untuk itu pada kesempatan ini penulis sudah sewajarnya berterimakasih pada
pihak terkait tersebut diantaranya:
1. Ketua Yayasan
2. Bapak kepala Sekolah
3. Bapak Kordinator Training
4. Bapak Pembimbing
5.
Penulis Menyadari Bahwa karya
Tulis ini belumlah sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan
kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan karya tulis ini sehingga
bermanfaat bagi para pembaca dan pihak-pihak yang membutuhkan.
Denpasar,…………………………..2011
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Sistem pendidikan
nasional yang diperlukan dalam abad mendatang adalah pendidikan yang bermutu,
mutu merupkan suatu istilah yang dinamis dan terus bergerak.
BAB II
HASIL
OBSERVASI KEADAAN HOTEL
2.1.
Keadaan Fisik
Letak atau posisi Hotel disini di tulis alamat Hotel, dan jarak
tempuh dari lokasi bandara Internasional.
Sejarah Hotel ..................................................................................
..............
................................................................................................
Untuk lebih lengkapnya bangunan Fisik
Hotel................ dapat dilihat pada site plan ( Terlampir)
2.2.
Keadaan Lingkungan Hotel
Hotel........... terletak di
tengah-tengah lingkungan...... perkotaan dengan batas-batas:
Utara
:....................
Timur
;....................
Selatan:....................
Barat
:....................
Ceritakan tata letak Hotel yang
mendukung untuk mendapat Tamu
2.3.
Fasilitas Hotel
Adapun Fasilitas Hotel yang menunjang
pelayanan Tamu menginap adalah
1. Front
Office
2. Jumlah
kamar
3. Jumlah
Rastaurant
4. Jumlah
Kitchen
5. Ruang Kesehatan
6. Ruang
olah raga
7. Swiming
Pool
8. SPA
9. Transportasi
10. Meeting
Room
11. Dll
2.4.
Penggunaan Fasilitas Hotel
Disini ditulis jenis tamu yang
diharapkan atau yang paling sering menginap ( dari Negara mana saja yang datang
) atau domestik
2.5.
Jumlah Departement dan Staff Hotel
Ceritakan atau Tulis Departemen yang ada
di hotel jelaskan tugas-tugasnya dan berapa jumlah staf yang ada di departemen
tersebut.
2.6.
Interaksi sosial
Disini ditulis Hubungan antara
Departement satu dengan yang lainya dan hubungan antara staf Terjalin baik. Dan
bagaimana mereka memperlakukan Training di Hotel tersebut.
BAB
III
Hasil
Praktek Kerja Lapangan
(Training)
3.1.
Persiapan Training
Disini ditulis apa saja persipan yang
kamu lakukan pada saat akan mulai training ( Ganti baju kerja, Absen, dll )
3.2.
Kegiatan Training
Disini penulis membuat kegiatan yang
sering dilakukan pada saat training
3.3.
Faktor pendukung
Disini penulis atau membuat hal-hal apa
saja yang mendukung selama melakukan kegiatan training seperti ( para staf yang
ramah, selama training diberi uang transport, dapat makan, dll )
3.3.
Faktor Penghambat Kegiatan Training
Disini penulis hal-hal yang sering
menhambat kegiatan Traing seperti ( letak terlalu jauh, atau kebalikan yang
diatas.
3.4.
Cara mengatasi hambatan
Bagaimana cara mengatasi hambatan
tersebut misal lokasi Hotel terlalu jauh dari rumah penulis, dengan cara
Indekos
BAB
IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dari
praktek kerja lapangan penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain:
1.
Apakah baik untuk tempat penulis belajar
2.
Apakah tercapai tujuan Training sebagai
tempat untuk menambah wawasan
3.
Bagaimanan sikap dan prilaku anda
setelah training
4.
Apakah semua berjalan sesuai dengan
harapan anda?
4.2. Saran
Apakah
saran anda terhadap Hotel tersebut agar mendapatkan sesuatu yang lebih baik,
dalam hal perolehan tamu, pelayanan tamu dll
0 komentar:
Posting Komentar